Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

 

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh seorang pengusaha yang baru dan akan memulai usaha adalah mengabaikan pembukuan keuangan. Biasanya para pemilik usaha ini hanya fokus pada produk dan pemasaran saja tanpa memerhatikan cash flow keuangan yang masuk setiap harinya. Apakah Anda juga melakukan hal serupa? Sebenarnya, fokus pada produk dan pemasaran adalah hal wajar bagi Anda yang baru memulai usaha, karena masih dalam proses penetrasi pada target pasar. Proses penetrasi pasar ini biasanya berlangsung pada beberapa bulan pertama hingga produk Anda benar-benar dikenal oleh pelanggan dan meraup omset yang cukup tinggi.

Karena sudah berada di zona nyaman dengan omset yang cukup tinggi para pemilik usaha sering menyepelekan laporan pembukuan keuangan usaha yang semestinya dibuat sejak awal. Kenapa pembukuan keuangan usaha ini penting dan harus dibuat sejak awal? Karena ketika usaha Anda mulai berkembang dan pembelian semakin banyak maka jumlah transaksi akan semakin besar. Omset usaha kelihatannya memang besar namun belum tentu dana cash-nya besar atau malah tidak ada margin sama sekali karena banyak piutang atau hal yang lainnya. Dan hal ini bisa Anda ketahui secara akurat dengan membuat pembukuan keuangan perusahaan. Bahkan dengan memiliki manajemen keuangan perusahaan yang baik Anda dapat meningkatkan profit perusahaan secara maksimal. Pelajari panduan untuk meraih profit maksimal dengan manajemen keuangan secara lengkap di sini.

Sebagian pengusaha beranggapan membuat pembukuan keuangan adalah hal yang rumit. Jadi meskipun mereka mengetahui bahwa hal ini penting, terkadang tidak menjadi prioritas dan malah ditunda-tunda. Namun jika diteruskan hingga berlarut-larut, maka bisa menyebabkan proses usaha menjadi tersendat-sendat bahkan yang lebih parah adalah mengalami kebangkrutan. Selain untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara akurat, pembukuan keuangan juga dapat menghindarkan Anda dari kecurangan dalam keuangan, membantu Anda mengambil keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perusahaan dan juga mendapatkan investor jika suatu saat ingin mengembangkan perusahaan.

Untuk perusahaan yang sudah berskala besar, biasanya pembukuan keuangan diserahkan pada seorang jasa akuntan professional. Para akuntan ini sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembukuan keuangan perusahaan selama bertahun-tahun. Mereka sudah terbiasa mengerjakan pembukuan keuangan dari yang sederhana hingga sangat rumit dan tersusun rapi serta detail.

Kebalikan dengan perusahaan yang sudah berskala besar, kebanyakan perusahaan skala kecil mempekerjakan atau menyewa orang untuk membuat pembukuan keuangannya pada mereka yang kurang paham terhadap ilmu akuntansi dan kadang malah tidak memiliki backgroundseorang akuntan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan cost yang cukup tinggi untuk menggaji atau menyewa seorang akuntan profesional bagi pemilik usaha yang baru saja berjalan sehingga mereka memutuskan untuk menyewa seorang akuntan yang sesuai dengan budgetperusahaan.

Beberapa pemilik usaha kecil bahkan mengabaikan akan pentingnya proses akuntansi yang tercatat dalam pembukuan keuangan pada usaha yang mereka miliki. Bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan jasa pembukuan dan pajak yang dapat menghemat biaya hingga 40%. Praktis, detail dan terperinci. Klik di sini untuk mempelajari.

Kapan waktu yang tepat untuk membuat pembukuan keuangan perusahaan? Sebaiknya pembukuan keuangan perusahaan mulai dibuat ketika tahap awal opening atau perencanaan usaha. Lalu bagaimana cara membuat pembukuan sederhana untuk Anda yang baru menjalankan usaha? Anda bisa melakukannya secara kontinu dengan mencatat harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta pendapatan yang digunakan sebagai dasar dalam menyusun neraca dan laporan laba rugi.

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat pembukuan sederhana untuk perusahaan, kami akan menjelaskan tahapannya secara lebih detail di bawah ini agar Anda bisa lebih paham. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda ikuti untuk membuat pembukuan sederhana perusahaan.

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *