Pengertian dan Contoh Pembuatan Analisis SWOT

Pengertian dan Contoh Pembuatan Analisis SWOT

Pengertian dan Contoh Pembuatan Analisis SWOT

 

Pernah mendengar istilah analisis SWOT? Bagi yang memiliki pengalaman organisasi, pasti sudah pernah mendengarnya. Karena analisis SWOT sering kali diperkenalkan di bagian-bagian awal Anda memasuki sebuah organisasi, baik itu organisasi kampus maupun organisasi masyarakat.

 

Namun analisis SWOT sebenarnya tidak berhenti sampai di situ. Sejatinya, analisis SWOT dapat diterapkan di bidang manapun juga, dan salah satunya adalah di bidang bisnis. Dengan menerapkan analisis SWOT pada bisnis Anda, Anda bisa mengetahui hal-hal yang menjadi kekurangan Anda dan memperbaikinya di masa yang akan datang.

 

Sebaliknya, tanpa analisis SWOT, bisnis Anda bisa jadi kurang begitu lancar karena Anda tidak benar-benar ‘mengenal’ bisnis Anda sendiri. Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya analisis SWOT ini? Pada artikel berikut akan kami jelaskan pengertian mengenai analisis SWOT serta contoh-contohnya agar Anda bisa membuatnya sendiri pada bisnis Anda.

 

 

Pengertian dari Analisis SWOT

 

Definisi analisis SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif atau memberi suatu gambaran. Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing.

 

Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

 

SWOT adalah singkatan dari:

 

  • S = Strength (kekuatan)
  • W = Weaknesses (kelemahan)
  • O = Opportunities (Peluang)
  • T = Threats (hambatan

 

Jabaran Analisis SWOT

Pengertian dan Contoh Pembuatan Analisis SWOT

  • Strength

Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya.

 

Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

 

  • Weaknesses

Yaitu analisis kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

 

  • Opportunity

Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan bisa berkembang di masa yang akan datang.

 

  • Threats

Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan.

 

Manfaat Analisis SWOT

 

Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan untuk mempertahankan kekuatan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman.

 

Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

 

Faktor Analisis SWOT

 

Faktor analisis SWOT ini dibagi menjadi 2 yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Internal terdiri dari Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan Faktor Internal terdiri dari Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman).

 

Beberapa faktor internal yang dapat digunakan untuk analisis ini dari sisi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah kondisi keuangan, sumber daya manusia, masalah internal, pencapaian perusahaan ataupun hal penting di perusahaan.

 

Sedangkan faktor eksternal yang dapat digunakan dapat disederhanakan menjadi PESTEL yaitu Politic (Politik), Economic (Ekonomi), Social (Sosial), Technology (Teknologi), Environment (Lingkungan) dan Legal (Peraturan/Hukum).

 

Sebaliknya, faktor eksternal ini haruslah berasal dari luar perusahaan, segala hal diatas dapat dibedakan menjadi Opportunity (kesempatan) maupun Threat (Ancaman)

 

Contoh Pembuatan Analisis SWOT Perusahaan

 

Strength

 

  • Struktur permodalan

Perusahaan memiliki struktur permodalan yang memadai sehingga mampu untuk melakukan pengembangan.

 

  • Biaya produksi yang ekonomis

Perusahaan menghasilkan produk dengan biaya produksi yang rendah di dunia.

 

  • Kualitas pelayanan

Perusahaan memiliki pengalaman dalam memberikan pelayanan yang baik dibidang penyerahan produk tepat waktu, harga dan tempat.

 

  • Kemampuan inovasi produk

Perusahaan mempunyai kemampuan dalam penelitian dan pengembangan sdm untuk inovasi baru.

 

  • Manajemen yang solid

Perusahaan memiliki jajaran manajemen yang cukup solid dan handal.

 

Kelemahan

 

  • Komposisi pelanggan

Komposisi pelanggan yang terfokus pada pelanggan besar atau industri akan memperlemah daya tahan perusahaan terhadap gejolak ekonomi yang berpengaruh  langsung terhadap tingkat produktivitas pelanggan industri.

 

  • Kemampuan perencanaan

Kegiatan perencanaan belum dilaksanakan secara terpadu diantara berbagai fungsi  dan tingkatan manajemen.

 

  • Kualitas sumber daya manusia

Kualitas sumber daya manusia  terutama dalam menghadapi  era globalisasi masib belum optimal, hal ini di antaranya disebabkan  belum memiliki pola pendidikan dan latihan yang terprogram.

 

  • Standar prosedur operasi

Standar prosedur operasi dalam berbagai fungsi manajemen belum diterapkan secara konsisten, hal ini disebabkan  belum disertai  petunjuk  pelaksanaan yang memadai.

 

  • Budaya perusahaan

Masih belum terbentuknya budaya perusahaan yang berorientasi  pada biaya serta memiliki otes kerja yang tinggi.

 

Opportunity

 

  • Kemampuan memasuki pasar/segmen pasar

Terbukanya kemungkinan akses ke pasar regional, mampu meningkatkan pasar di negara negara ASEAN.

 

  • Sebagai produk subsitusi dari produk pesaing

Perusahaan mampu menghasilkan poduk sebagai subsitusi dari produk pesaing.

 

  • Diversifikasi dari produk yang sejenis

Perusahaan mampu menghasilkan beberapa produk yang sejenis.

 

  • Birokrasi pemerintahan

Reformasi terhadap sistem pemerintahan diharapakn akan memberi ruang  gerak bagi perusahaan.

 

  • Kebijaksanaan tentang lingkungan

Dengan diberlakukannya perundangan tentang pelestarian lingkungan maka merupakan peluang bagi perusahaan karena produk yang dihasilkan ramah lingkungan.

 

Threats

 

  • Kondisi ekonomi dan politik

Kondisi prekonomian nasional yang menurun dan belum stabil tertuma yang terkait dengan stabilitas politik di dalam negeri.

 

  • Stabilitas nilai tukar mata uang

Menurunya kondisi prekonomian nasional yang ditandai dengan tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing merupakan ancaman bagi perusahaan

 

  • Perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin cepat apabila tidak diantisipasi dengan baik akan menjadi ancaman bagi perusahaan.

 

  • Meningkatnya persaingan

Diperkirakan akan muncul perusahaan-perusahaan baru yang mampu menghasilkan produk dan merupakan saingan perusahaan.

 

  • Perubahan cita rasa dari pelanggan

Kemungkinan perubahan cita rasa pelanggan merupakan ancaman bagi perusahaan.

 

Demikianlah artikel mengenai pengertian analisis SWOT beserta contoh-contohnya. Anda dapat mempelajarinya dan menerapkan sendiri analisis SWOT ke dalam bisnis Anda. Niscaya, Anda pasti tahu letak-letak kelebihan, kekurangan dan faktor lainnya dalam bisnis Anda. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, bisnis Anda akan semakin berjalan lancar.

Kami adalah Accurate Business Center yang ada di Mall Artha Gading, konsultan penjualan resmi untuk Accurate Accounting Software,Software Akuntansi Jakarta, untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. JayapuraFree Demo Product ke kantor Anda yang ada di Jakarta!

Untuk mengetahui variant ACCURATE apa yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan silahakan konsultasikan dengan kami, langsung WA kami klik disini…

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *