Accurate Promo Imlek

Mitos Digital Marketing yang Masih Banyak Dipercayai Pebisnis

digital marketing accurate software

 

 

Mitos Digital Marketing yang Masih Banyak Dipercayai Pebisnis

 

Perkembangan teknologi internet adalah awal baru bagi ranah digital marketing. Memasarkan bisnis kini tak lagi identik dengan cara-cara konvensional. Anda bisa memanfaatkan internet untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Itulah sebabnya ilmu tentang digital marketing terus berkembang dan semakin sering dipelajari para pebisnis.

Kendati demikian, sebenarnya banyak mitos-mitos keliru seputar digital marketing yang masih dipercaya para pebisnis. Sebaiknya Anda mengenal mitos-mitos tersebut agar dapat mengimplementasikan konsep digital marketing secara tepat dan bisa membantu bisnis Anda mencapai omzet yang lebih tinggi:

Influencer Selalu Berhasil Mempopulerkan Bisnis

Kehadiran influencer memang menjadi magnet tersendiri bagi dunia digital marketing. Bukan hanya selebriti tanah air, orang-orang yang memiliki banyak followers di media sosial pun bisa berkarier sebagai influencer.

Faktanya, influencer tak selalu berhasil mempopulerkan suatu bisnis. Terutama bila bisnis yang sedang dipublikasikan tidak sejalan dengan karakter sang influencer. Misalnya, bisnis produk makanan bayi sebaiknya menggunakan jasa influencer dari kalangan ibu muda modern. Sehingga karakter sang influencer bisa melekat kuat pada produk yang dipopulerkan dan berhasil meyakinkan lebih banyak orang.

Pengunjung Website Dapat Menunjukkan Kesuksesan Bisnis

Jumlah pengunjung website yang terbilang fantastis tak bisa menjadi indikator kesuksesan suatu bisnis online. Karena pengunjung website tersebut belum tentu memutuskan untuk membeli setelah mengunjungi website.

Selain itu, banyak pula kunjungan semu yang tidak berasal dari pengguna internet asli. Jadi, jangan senang dulu kalau ternyata website bisnis Anda dikunjungi banyak pengguna internet. Masih banyak indikator lain yang harus digunakan untuk mengukur kesuksesan digital marketing.

Orang Membeli dengan Harga Murah

Banyak brand atau pengusaha yang menganggap digital marketing hanya bisa dilakukan oleh produk-produk dengan harga jual murah. Jika harga jual Anda mahal maka tidak akan ada yang beli produk Anda.

Ini adalah pemahaman yang salah. Banyak konsumen yang bersedia membayar lebih untuk mendapatkan produk yang memang layak untuk di bayar lebih. Jadi Anda tidak boleh takut menjual dengan harga yang mahal namun produk tetap kompetitif.

Media Sosial Mudah Dimanfaatkan untuk Digital Marketing

Sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mendukung proses marketing bisnisnya. Namun, penggunaan media sosial tidak selalu semudah yang Anda bayangkan. Anda harus menyesuaikan jenis media sosial dengan konten digital marketing yang ingin Anda suguhkan.

Misalnya, Facebook bisa menjangkau target pasar yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Sedangkan Instagram lebih cocok untuk bisnis yang menargetkan generasi milenial. Setiap media sosial punya karakteristik pengguna yang berbeda satu sama lain. Anda harus memanfaatkan media sosial secara tepat agar tujuan marketing bisa tercapai sesuai target.

Setiap Bisnis Bisa Sukses dengan Teknik Digital Marketing yang Sama

Tidak ada formula khusus yang menjamin keberhasilan teknik digital marketing untuk semua bisnis. Jadi, setiap bisnis harus menentukan teknik digital marketing yang sesuai dengan karakteristik bisnisnya.

Contohnya, ada brand bisnis yang booming dan kembali diingat karena membuat iklan tema Ramadhan yang viral. Ada pula brand bisnis lainnya yang aktif menggunakan Instagram untuk berinteraksi dengan para pengguna internet.

Jadi, tingkat efektivitas digital marketing untuk setiap bisnis memang berbeda-beda. Namun, Anda tetap harus mengimplementasikan konsep yang sesuai dengan tren dan kebutuhan masyarakat. Supaya popularitas bisnis Anda tak kalah dengan kompetitor sejenis.

Selain menentukan teknik digital marketing terbaik, Anda juga tak boleh lalai mengatur sistem keuangan bisnis Anda. Urusan laporan keuangan bisnis semakin praktis bila Anda menggunakan Accurate Online.

Karena software berbahasa Indonesia tersebut memiliki sejumlah fitur yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan. Anda bisa menghitung dan mendokumentasikan pendapatan serta pengeluaran bisnis secara sistematis. Bahkan Anda bisa dengan mudah menghitung total pajak bisnis yang Anda miliki.

Jangan lupa memasukkan budget digital marketing sebagai bagian dari pengeluaran bisnis Anda. Manfaat yang diperoleh harus sebanding dengan budget yang Anda keluarkan. Jangan ragu mengganti teknik digital marketing kalau tingkat efektivitasnya tidak sesuai dengan rencana Anda.

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

 

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh seorang pengusaha yang baru dan akan memulai usaha adalah mengabaikan pembukuan keuangan. Biasanya para pemilik usaha ini hanya fokus pada produk dan pemasaran saja tanpa memerhatikan cash flow keuangan yang masuk setiap harinya. Apakah Anda juga melakukan hal serupa? Sebenarnya, fokus pada produk dan pemasaran adalah hal wajar bagi Anda yang baru memulai usaha, karena masih dalam proses penetrasi pada target pasar. Proses penetrasi pasar ini biasanya berlangsung pada beberapa bulan pertama hingga produk Anda benar-benar dikenal oleh pelanggan dan meraup omset yang cukup tinggi.

Karena sudah berada di zona nyaman dengan omset yang cukup tinggi para pemilik usaha sering menyepelekan laporan pembukuan keuangan usaha yang semestinya dibuat sejak awal. Kenapa pembukuan keuangan usaha ini penting dan harus dibuat sejak awal? Karena ketika usaha Anda mulai berkembang dan pembelian semakin banyak maka jumlah transaksi akan semakin besar. Omset usaha kelihatannya memang besar namun belum tentu dana cash-nya besar atau malah tidak ada margin sama sekali karena banyak piutang atau hal yang lainnya. Dan hal ini bisa Anda ketahui secara akurat dengan membuat pembukuan keuangan perusahaan. Bahkan dengan memiliki manajemen keuangan perusahaan yang baik Anda dapat meningkatkan profit perusahaan secara maksimal. Pelajari panduan untuk meraih profit maksimal dengan manajemen keuangan secara lengkap di sini.

Sebagian pengusaha beranggapan membuat pembukuan keuangan adalah hal yang rumit. Jadi meskipun mereka mengetahui bahwa hal ini penting, terkadang tidak menjadi prioritas dan malah ditunda-tunda. Namun jika diteruskan hingga berlarut-larut, maka bisa menyebabkan proses usaha menjadi tersendat-sendat bahkan yang lebih parah adalah mengalami kebangkrutan. Selain untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara akurat, pembukuan keuangan juga dapat menghindarkan Anda dari kecurangan dalam keuangan, membantu Anda mengambil keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perusahaan dan juga mendapatkan investor jika suatu saat ingin mengembangkan perusahaan.

Untuk perusahaan yang sudah berskala besar, biasanya pembukuan keuangan diserahkan pada seorang jasa akuntan professional. Para akuntan ini sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembukuan keuangan perusahaan selama bertahun-tahun. Mereka sudah terbiasa mengerjakan pembukuan keuangan dari yang sederhana hingga sangat rumit dan tersusun rapi serta detail.

Kebalikan dengan perusahaan yang sudah berskala besar, kebanyakan perusahaan skala kecil mempekerjakan atau menyewa orang untuk membuat pembukuan keuangannya pada mereka yang kurang paham terhadap ilmu akuntansi dan kadang malah tidak memiliki backgroundseorang akuntan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan cost yang cukup tinggi untuk menggaji atau menyewa seorang akuntan profesional bagi pemilik usaha yang baru saja berjalan sehingga mereka memutuskan untuk menyewa seorang akuntan yang sesuai dengan budgetperusahaan.

Beberapa pemilik usaha kecil bahkan mengabaikan akan pentingnya proses akuntansi yang tercatat dalam pembukuan keuangan pada usaha yang mereka miliki. Bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan jasa pembukuan dan pajak yang dapat menghemat biaya hingga 40%. Praktis, detail dan terperinci. Klik di sini untuk mempelajari.

Kapan waktu yang tepat untuk membuat pembukuan keuangan perusahaan? Sebaiknya pembukuan keuangan perusahaan mulai dibuat ketika tahap awal opening atau perencanaan usaha. Lalu bagaimana cara membuat pembukuan sederhana untuk Anda yang baru menjalankan usaha? Anda bisa melakukannya secara kontinu dengan mencatat harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta pendapatan yang digunakan sebagai dasar dalam menyusun neraca dan laporan laba rugi.

Jika Anda masih bingung dengan cara membuat pembukuan sederhana untuk perusahaan, kami akan menjelaskan tahapannya secara lebih detail di bawah ini agar Anda bisa lebih paham. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda ikuti untuk membuat pembukuan sederhana perusahaan.

Cara Mengolah Pembukuan Keuangan Bagi Perusahaan Yang Benar

Tips Berhemat Bagi Startup di Tahun Pertama

Tips Berhemat Bagi Startup di Tahun Pertama

Pertumbuhan startup di tanah air memang terbilang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selalu ada saja startup terbaru yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari financial technology (fintech) hingga pertanian. Geliat startup di tanah air juga semakin istimewa karena ada beberapa startup yang berhasil mencapai status unicorn, yaitu Tokopedia, BukaLapak, Gojek, dan Traveloka.

Meskipun mengembangkan startup tampak mudah dan menyenangkan, tetap saja startup harus berhemat secara efektif pada tahun-tahun pertamanya. Apa lagi jika startup yang didirikan menggunakan sistem boothstrap.

Kalau saat ini Anda baru mulai merintis startup, Tips Berhemat Bagi Startup di Tahun Pertama berikut ini tentu bermanfaat bagi startup Anda:

Fokus Melakukan Riset daripada Berkompetisi

Kemenangan dalam kompetisi antar startup memang mengagumkan. Itulah sebabnya banyak startup berlomba-lomba mengikuti pitching. Namun, sebenarnya Anda tidak harus melakukannya demi mengembangkan startup secara maksimal.

Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan riset pasar untuk mencari tahu tentang tren dan kebutuhan masyarakat. Hasil riset tersebut bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk mengembangkan startup yang berorientasi kepada pelanggan dan kebutuhan masyarakat.

Mempekerjakan Karyawan Magang

Karyawan magang bisa memberikan kontribusi besar bagi perkembangan startup Anda. Kini, Anda tak akan kesulitan menemukan mahasiswa yang ingin magang di startup Anda. Sebab para mahasiswa memang diharuskan melakukan kerja praktik sebagai salah satu syarat kelulusan kuliah.

Para mahasiswa biasanya juga memiliki ide cemerlang yang tak kalah dibandingkan karyawan senior. Bonusnya, Anda bisa berhemat secara maksimal saat mempekerjakan karyawan magang. Karena biasanya gaji karyawan magang tidak sebesar karyawan tetap. Sehingga bisa cukup menghemat pengeluaran Anda.

Berinvestasi pada Sistem Internal

Suatu startup harus memiliki sistem internal yang memadai agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Salah satu sistem penting yang harus Anda siapkan sejak awal adalah pengelolaan laporan keuangan. Accurate Online hadir sebagai platform pembukuan berbasis cloud. Proses pengoperasiannya mudah dan fiturnya sangat lengkap untuk mendukung urusan keuangan startup Anda. Bahkan, Anda bisa mengintegrasikan Accurate Online dengan aplikasi lainnya agar proses transaksi keuangan semakin praktis.

Penggunaan Accurate Online adalah salah satu bentuk investasi berharga pada sistem internal startup Anda. Karena proses pengelolaan keuangan yang akurat dan sistematis adalah kunci untuk mengembangkan startup secara maksimal. Proyeksi keuntungan yang diperoleh startup pun bisa diinterpretasikan dengan jelas melalui sistem laporan keuangan yang transparan.

Tak Harus Langsung Menyewa Kantor Besar

Tahun-tahun pertama startup memang menjadi awal perjuangan yang terbilang berat. Oleh sebab itu, Anda dan tim harus berhemat semaksimal mungkin. Salah satunya yaitu dengan menunda keputusan untuk menyewa kantor besar.

Sebagai gantinya, Anda masih bisa menyewa coworking space yang lebih ekonomis dan letaknya strategis. Kini, banyak coworking space di kota-kota besar yang siap disewa setiap saat. Proses operasional di coworking space akan membuat startup Anda lebih hemat dan tetap terkesan profesional.

Tak Perlu Memiliki Kantor Sebagus Start Up Unicorn

Hampir para pengusaha Start Up ingin memberikan karyawan tempat terbaik. Namun, jika keuangan Anda masih terbatas tidak perlu memiliki kantor sebagus start up besar dengan tampilan modern hingga tempat hiburan. Karena ini akan memboroskan budget operasional Anda.

Jika Anda memiliki kantor sendiri meskipun berbentuk rumah, Anda bisa mendesain kantor agar terlihat lebih modern dan tampil kekinian untuk meningkatkan semangat para karyawan. Sehingga ini bisa lebih menghemat budget yang harus Anda keluarkan.

Sistem Kerja Remote bagi Sebagian Karyawan

Tak semua pekerjaan harus diselesaikan dengan cara datang ke kantor. Kecanggihan teknologi membuat sebagian pekerjaan bisa diselesaikan secara remote. Karyawan Anda tak perlu sering-sering datang ke kantor demi menyelesaikan pekerjaan.

Sistem kerja remote memang cukup efektif diterapkan pada beberapa tim dalam startup. Anda tak perlu menyewa coworking space berkapasitas besar kalau sebagian karyawan lebih sering bekerja secara remoteReimbursement untuk transportasi karyawan juga bisa diminimalkan. Karyawan Anda jadi lebih produktif karena waktu dan tenaganya tidak habis untuk perjalanan pergi dan pulang kerja.

Menerapakan Prinsip Hemat

Memiliki nilai-nilai hemat pada perusahaan merupakan hal penting yang bisa Anda lakukan di awal-awal Start Up milik kamu berkembang. Hindari membeli barang-barang yang membuat keuangan perusahaan semakin menurun.

Cara hemat bisa Anda lakukan dengan cara memanfaatkan barang-barang lain yang dapat dimanfaatkan. Atau menggunakan barang-barang bekas yang ada untuk digunakan. Cara ini menjadi cara terbaik dalam tahun-tahun awal mendirikan start up.

Demi mencapai tujuan bisnis dalam waktu singkat, startup yang baru dirintis memang harus berhemat semaksimal mungkin pada tahun-tahun pertama. Niscaya upaya berhemat yang diiringi dengan inovasi besar akan segera membawa startup Anda ke jenjang kesuksesan. Siapa tahu nanti startup Anda menjadi salah satu startup unicorn kebanggaan Indonesia. Selamat berhemat!

Pentingnya Rasio Akuntansi untuk UKM

Pentingnya Rasio Akuntansi untuk UKM

Pentingnya Rasio Akuntansi

Sebagai pengusaha, kehadiran software akuntansi sangat membantu jalannya bisnis, terutama dalam mengatur finansial usaha. Umumnya, saat ini banyak pengusaha yang termanjakan dengan adanya software akuntansi, tetapi ia tidak mau belajar akuntansi dasar terlebih dahulu. Padahal dalam akuntansi bisnis, seorang pengusaha harus memahami mengenai rasio akuntansi bisnis yang harus dijalankan pada usaha yang mereka jalankan.

Saking banyaknya transaksi piutang, hutang, aset, inventaris, dan transaksi lainnya membuat Anda mudah dalam mengelola akuntansi perusahaan dengan bantuan software akuntansi yang sudah Anda sediakan pada bisnis Anda. Tetapi ada baiknya Anda juga mempelajari mengenai rasio akuntansi bisnis untuk jalannya usaha milik Anda.

Kenapa Rasio Penting?

Karena rasio akuntansi sangat berguna sebagai jalan tercepat untuk mengevaluasi bisnis Anda. Rasio akan dilihat melalui laporan keuanganyang berjalan di usaha milik Anda. Sehingga Anda akan mengetahui sudah sejauh apa bisnis yang Anda miliki berkembang. Rasio juga penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan, sudah baik atau belum.

Rasio dalam akuntansi keuangan terbagi menjadi lima jenis. Namun, di Indonesia rasio akuntansi bisnis hanya ada empat jenis yang paling sering digunakan. Seperti, rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas.

Untuk itu, Anda sebagai pemilik bisnis yang sedang berkembang harus mengetahui apa saja rasio akuntansi yang harus digunakan pada usaha milik Anda. Tanpa mengetahuinya, maka akan sangat sulit menentukan kebijakan dan pengaturan keuangan usaha Anda.

Rasio Likuiditas

Dalam bidang ekonomi, mungkin Anda sering mendengar istilah likuiditas. Apa sebenarnya likuiditas? Likuiditas adalah istilah dalam ekonomi yang sering digunakan untuk mengambarkan kondisi keuangan sebuah bisnis. Lalu, apa itu rasio likuiditas? Rasio likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Biasanya hutang dalam jangka pendek yang harus ia bayarkan menggunakan harta lancar yang ada pada perusahaan tersebut.

Jika usaha Anda mampu melunasi hutang jangka pendek dengan baik, maka usaha Anda dapat disebut sebagai perusahaan yang likuid. Sedangkan jika bisnis Anda tidak mampu dalam membayar hutang dalam waktu jangka pendek, maka usaha Anda mendapatkan julukan usaha yang iliquid.

Rasio likuiditas terbagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu:

Current Ratio, rasio yang membandingkan aktiva lancar dan hutang yang lancar

Quick Ratio, rasio perbandingan antara aktiva lancar yang dikurangi dengan persediaan, serta utang lancar yang dimiliki oleh usaha Anda.

Cash Ratio, cash ratio merupakan perbandingan kas lancar, aktiva lancar dan hutang lancar.

Ketiga rasio likuiditas tersebut memiliki perhitungannya masing-masing. Sehingga Anda harus dapat menghitung rasio tersebut dengan baik, untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan keuangan usaha Anda.

Rasio Solvabilitas

Selain memikirkan kewajiban dalam jangka pendek, usaha yang Anda jalankan harus memikirkan kewajiban dalam jangka panjang. Berapa beban utang yang ditanggung usaha dengan aktivanya. Sehingga perusahaan bisa mengetahui sejauh mana usahanya mampu membayar utang kepada kreditur. Jika perusahaan tidak mampu membayar keseluruhan kewajiban dengan aktivanya, maka perusahaan harus dibubarkan atau disebut dengan istilah insolvable.

Rasio Profitabilitas

Rasio profility atau profitabilitas adalah rasio yang digunakan setiap usaha untuk menghitung laba yang bisa diperoleh oleh perusahaan. Dalam menjalankan rasio akuntansi bisnis, maka rasio profitabiltas sangat penting digunakan oleh perusahaan dan jenis usaha, untuk mengetahui seberapa banyak laba yang ia peroleh dalam periode tertentu.

Rasio Aktivitas

Tidak hanya perusahaan besar yang harus menggunakan rasio akuntansi bisnis dalam setiap bisnis yang dijalankan. Sebab, sekelas UMKM pun harus memiliki rasio aktivitas agar usahanya dapat berjalan dengan baik. Salah satu rasio aktivitas yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki usaha. Hal inilah yang disebut sebagai rasio aktivitas.

Rasio aktivitas dalam rasio akuntansi bisnis pada umumnya terbagi menjadi tiga jenis, yakni:

Rasio Perputaran aktiva, membandingkan antara penjualan dengan total aktiva pada usaha yang dijalankan.

Rasio Perputaran modal kerja, menghitung bagaimana perbandingan antara penjualan dengan modal kerja yang dihitung dengan aktiva lancar dikurangi hutang lancar.

Rasio perputaran aktiva tetap, rasio ini berguna sebagai rasio akuntansi keuangan sebagai bahan evaluasi usaha dalam menggunakan aktiva dengan efektis, sehingga bisa meningkatkan pendapatan.

Itulah macam-macam rasio yang harus diketahui oleh para pengusaha UMKM. Anda harus mengetahui cara penghitungan dasar akuntansi tersebut. Meskipun Anda telah menggunakan software akuntansi, Anda tetap harus mengetahui dasar-dasar rasio.